Hukum memiliki Kartu Kredit Dalam Islam – Islam juga memiliki hukum tersendiri dalam penggunaann kartu kredit yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan kehidupan. Adapun penggunaan kartu kredit dalam islam di larang, hal tersebut dikarenakan oleh adanya persyaratan yang berbau riba, riba dalam hal ini yakni adanya bunga-bunga yang akan di bebankan untuk anda pada saat anda menggunakan fasilitas kartu tersebut, kemudian juga dengan adanya denda yang telah menjadi kebijakan mereka apabila anda lambat dalam melunasinya.

Dan untuk alasan yang kedua yakni adanya potongan persentase dari pihak yang mengeluarkan kartu tersebut dari bayaran  untuk pedagang lainya. Dalam kasus yang seperti ini sebagian dari ahli fiqih ada yang memandangnya sebagai proses atau sebagai bagian dari biaya administrasi, atau sebuah upah dari nasabah yang bersangkutan.

Akan tetapi dalam hal-hal tertentu hal ini boleh-boleh saja, seperti misalnya biaya yang akan anda keluarkan untuk pemasangan sebuah iklan dan juga masih banyak lagi contoh yang lainya. Kemudian untuk alasan yang ketiga yakni dengan adanya denda keterlambatan apabila anda terlambat untuk mencicil atau melunasinya dan juga bunga riba yang ada.

Hukum Jual Beli Menggunakan Kartu Kredit Dalam Islam

Hukum Jual Beli Menggunakan Kartu Kredit Dalam Islam
Hukum Jual Beli Menggunakan Kartu Kredit Dalam Islam

Nah kamu juga bisa melihat Cara Mengajukan Kartu Kredit, Maka dari itu kartu kredit dalam islam memang dilarang karena hal tersebut juga telah bersandar pada bunga riba setelah berlalunya masa tenggang dari pembayaran tanpa pelunasan jumlah tertentu yang harus untuk di lunasi. Namun apabila kartu kredit ini di jauhkan dari yang namanya bunga riba dan juga persyaratan lain yang akan membebankan anda maka hal tersebut mungkin akan di perbolehkan.

Anda sebagai muslim memang harus mengetahui hukum-hukum  tertentu dalam kehidupan yang malah bisa membawa anda menuju dalan dosa. Bahkan hukum dalam berhutang dengan adanya riba juga  tidak diperbolehkan juga untuk agama lainya, seperti yang tertulis pada perjanjian injil ayat 34 “jika anda menghutangi kepada orang lain dan anda mengharapkan imbalan dari orang tersebut maka dimana letak kehormatan anda”. Dan dalam islam sendiri allah juga sudah berfirman dalam QS.Al Baqarah (2):275. Itulah kiranya hukum kartu kredit dalam islam

Hukum Kartu Kredit Dalam Islam